Gempa Bumi
Gempa Bumi adalah getaran di tanah yang disebabkan oleh pergerakan permukaan bumi. Episentrum adalah titik di permukaan bumi, tepat ditas pusat gempa. Hiposentrum berada jauh dalam tanah ditempat batuan pecah 7 bergeser untuk pertama kali.Gempa Bumi yang kuat dapat menyebabkan kerusakan besar bagi gedung, jembatan dan bangunan lain, termasuk juga korban nyawa.

Jenis Gempa Bumi:

Gempa Bumi Vulkanik
Adalah getaran kuat akibat kegiatan gunung berapi.

Gempa Bumi Tektonik
Adalah getaran kuat yang diakibatkan oleh patahan bumi karena pergesekan lempeng samudera atau lempeng bumi. Kebanyakan gempa bumi berasal dari kerak bumi yang tidak jauh dari bawah tanah. Kadang gempa juga bisa terjadi sangat jauh dibawah permukaan bumi.

Tanda-tanda terjadinya gempa:

Dalam Bangunan
Semua benda yang tergantung bergoyang dan berjatuhan, misalnya: lampu gantung, pigura, jam dinding, lukisan dan lain-lain. Semua benda yang berdiri atau terletak diatas meja bergeser dan berjatuhan, misalnya: TV, radio, jam, alat makan, kompor dll.

Luar Bangunan
Pohon, tiang listrik dan lampu jalan, jembatan serta gedung bergetar, bahkan jika terjadi getaran sangat kuat akan mengakibatkan tumbang dan roboh. Retakan/rekahan akan terlihat jelas pada permukaan tanah, dinding bangunan, dan jembatan.

Saat Terjadi Gempa:

Bila Berada di Dalam Bangunan
Bila memungkinkan, segera cari jalan keluar yang aman Bersembunyi dibawah meja, untuk menghindari reruntuhan Hindari berada di dekat lemari, lemari es dan benda-benda yang mungkin bisa rubuh Jangan berlari keluar dengan tergesa-gesa/panic.
 
Bila Berada di Luar Bangunan
Hindari bangunan tinggi, jembatan, tiang listrik, papan reklame Jangan mendekati pohon-pohon yang tinggi Cari tempat terbuka, atau tanah lapang.

Setelah Terjadi Gempa
Jangan segera masuk ke bangunan setelah terjadi gempa, karena kemungkinan akan terjadi gempa susulan. Segera berikan pertolongan pertama terhadap korban gempa Cari informasi lebih lanjut dari pihak yang berwenang tentang gempa yang terjadi

Gempa Bumi Dapat Diikuti Tsunami Apabila:
Getaran dirasakan sangat kuat. Menimbulkan kerusakan hebat. Air laut surut secara drastic dan selang beberapa menit muncul suara gemuruh dari arah laut.