Cegah Bencana, Pemkab Cianjur Uji Lapang Tanggap Darurat Bencana
Kamis, 30 November 2017

Pemkab Cianjur melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur menggelar kegiatan Uji Lapang Rencana Kontinjensi Longsor dan Sistem Komando Tanggap Darurat Bencana Kabupaten Cianjur, di Lapang Kampung Buluh Desa Mekarjaya Kecamatan Cikalongkulon, Kamis (30/11/2017).

 

Bupati Cianjur, yang diwakili oleh Plt. Sekretaris Daerah memimpin Uji Lapang Renkon tersebut. Dalam sambutannya, dihadapan Muspida dan Tripika, ia mengingatkan kalau Cianjur termasuk daerah yang berpotensi bencana. "Cianjur memiliki kondisi geologi, geografis, demografis, dan sosiografis berpotensi terjadinya bencana dan menimbulkan korban jiwa."

 

Menurutnya, kondisi Cianjur yang rawan bencana mengharuskannya selalu siap siaga. "Bencana selalu datang tiba-tiba, bahkan frekuensi bencana saat ini cukup tinggi. Aspek kesiapsiagaan dan pencegahan merupakan prioritas yang harus mendapat perhatian. Upaya pendekatan keilmuan berbasis kegiatan nyata kesiapsiagaan bencana harus melekat dan melembaga, penanggulangan bencana harus terkoordinasi dengan baik, rapih, kompak antar pelaksana penanggulangan bencana, sehingga masyarakat makin siap serta dapat menghindari dari adanya korban jiwa."

 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, menjelaskan, kalau Kabupaten Cianjur salah satu Kabupaten/Kota di Indonesia yang ditunjuk menyelenggarakan kegiatan penyusunan Rencana Kontinjensi (Renkon) Longsor dan Uji Lapang Tahun 2017.

 

Kegiatan ini penting sebagai sarana untuk melatih dan meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan membaca situasi dan kondisi, serta menguji kesiapan seluruh pemangku kepentingan dalam penanggulangan bencana, serta meningkatkan kesadaran masyarakat yang berada di daerah rawan bencana.

 

"Rangkaian kegiatan ini sudah memulai beberapa tahapan yang diawali dengan rapat persiapan, workshop dan sebagai puncaknya di gelar Uji Lapang ini."  jelasnya. (dham)