Rapat Koordinasi Kegiatan Penyusunan Rencana Kontinjensi dan Uji Lapang BPBD Kab. Cianjur
Rabu, 04 Oktober 2017

Dalam rangka Penguatan Kelembagaan Tahun 2017, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur mendapatkan Kegiatan Penyusunan Rencana Kontinjensi dan Uji Lapang. Kegiatan Penyusunan Rencana Kontinjensi dan Uji Lapang ini mempunyai maksud untuk menyusun rencana dan membuat kesepakatan atau komitmen bersama dalam penanganan darurat bencana melalui penetapan skenario dan pembagian tugas serta pengerahan sumber daya kolektif seluruh stakeholders terkait dalam penanganan darurat bencana. Sedangkan tujuannya adalah mewujudkan terselenggaranya penanganan darurat bencana secara terencana, terpadu, terkoordinasi dan menyeluruh dengan pemanfaatan sumberdaya yang tersedia dalam rangka memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman, risiko dan dampak bencana.
 
Sebagai langkah awal dalam pelaksanaan Kegiatan Penyusunan Rencana Kontinjensi dan Uji Lapang ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur melaksanakan Rapat Koordinasi dengan Perangkat Daerah (PD), Organisasi, Lembaga Usaha yang terkait langsung dalam penanganan bencana. 

Rapat Koordinasi tersebut dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 4 Oktober 2017 bertempat di Aula Bappeda Kabupaten Cianjur Jl. Raya Bandung No. 65 Bojong, Karangtengah – Cianjur. Dalam pelaksanaan Rapat Koordinasi tersebut hasil yang diperoleh adalah penyesuaian data-data yang dibutuhkan pada saat nanti penyusunan dokumen renkon, terbentuknya tim perumus yang akan menyusun dokumen renkon. 

Dengan dilaksanakannya Rapat Koordinasi ini diharapkan penyelenggaraan penyusunan dokumen rencana kontinjensi dapat dilakukan secara berhasil guna, berdaya guna dan akuntabel dalam upaya kesiapsiagaan yang lebih komprehensif dalam penanganan darurat bencana.