Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) di Kab. Cianjur Tahun 2017
Rabu, 26 April 2017

Dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) tahun 2017 sekaligus 10 tahun lahirnya Undang-Undang Penanggulangan Bencana No. 24 tahun 2007. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Cianjur menyelenggarakan Apel HKBN di Lapang Prawatasari Joglo Cianjur yang bertujuan untuk membudayakan latihan secara terpadu, terencana dan berkesinambungan guna meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat menuju Indonesia Tangguh Bencana.

 

Undang-undang ini sangat penting karena mengubah cara pandang menyikapi bencana yang semula respon menuju paradigma pengurangan risiko bencana. Kepala BPBD Kab. Cianjur H. Asep Suparman, S.Sos., M.Si. berharap semua pihak yang hadir dapat mendukung kegiatan ini dengan mengikuti apel dan melakukan latihan kesiapsiagaan bencana.

 

Penanganan bencana merupakan urusan semua pihak. Oleh sebab itu perlu dilakukan berbagi peran dan tanggung jawab dalam peningkatan kesiapsiagaan di semua tingkatan baik untuk anak, remaja, dan dewasa. Seperti yang telah dilakukan di Jepang untuk menumbuhkan kesadaran kesiapsiagaan bencana.